Selasa, 01 Februari 2011

The Hardest Part (Song of Coldplay)

"The Hardest Part" adalah lagu dari band rock alternatif Inggris Coldplay. Lagu ini ditulis oleh keempat anggota band untuk album ketiga mereka, X&Y. Sebuah lagu balada berbasis piano, dimulai dengan dua-melodi piano, diikuti dengan line gitar elektrik, yang menyertai dengan drum dengan tempo lambat. Lagu ini dirilis pada 3 April 2006 sebagai single keempat dari album X&Y. Lagu ini dirilis sebagai lagu yang hanya di stasiun radio Inggris. Lagu ini menduduki nomer #37 pada US Billboard Hot Adult Contemporary Tracks chart. "The Hardest Part" juga memetakan di tangga lagu di Italia dan New Zealand Charts.

Lagu ini diterima dengan baik oleh kritikus musik dan memuji lagu ini untuk aliran musik nya. Single ini dirilis di Kanada, Eropa, dan Australia, sebuah versi yang berbeda dirilis pada Taiwan. Promo single dirilis di Inggris dan Amerika Serikat. Versi internasional dari single ini tersedia di Inggris pada tanggal 19 Juni 2006.

Produksi dan komposisi lagu

Single sebelumnya dari album X&Y, "Talk", merupakan riff dari lagu band Jerman Kraftwerk, sama dengan, "The Hardest Part" Coldplay mengakui dapat pengaruh dari band Amerika R.E.M. Band merasa lagu itu mirip dengan single R.E.M. di tahun 1991, "Losing My Religion".

Perilisan

Coldplay merilis "The Hardest Part" di AS dan Inggris pada tanggal 3 April 2006 sebagai single keempat dari album ketiga mereka. Single ini dirilis versi CD bersama lagu, "How You See the World" yang direkam live di Earls Court yang tersedia di Inggris pada tanggal 19 Juni 2006. Single ini dirilis di Kanada, Eropa, dan Australia, sebuah versi yang berbeda dirilis di Taiwan. Promo single dirilis di Inggris dan Amerika Serikat. Lagu ini menduduki nomer #37 pada US Billboard Hot Adult Contemporary Tracks chart. Walaupun lagu ini tidak menduduki tangga lagu pada UK Singles Chart, karena lagu ini dirilis sebagai single yang hanya di putar di stasiun radio Inggris, single memuncak pada tangga lagu Italia pada tanggal 11 Mei 2006 pada nomor 19 dan menghabiskan seminggu di chart tersebut. Setelah itu, lagu ini memuncak pada New Zealand Charts di nomor 34 pada 21 Agustus 2006. Sebuah lagu live versi piano "The Hardest Part" muncul di album live Coldplay LeftRightLeftRightLeft di tahun 2009.

Musik video

Pengambilan gambar untuk video musik "The Hardest Part" di kerjakan pada tanggal 3 Maret 2006 di St. Petersburg, Florida. Video ini menggunakan video dari serial televisi Attitudes, serial yang ditayangkan pada saluran televisi Lifetime, dari tahun 1985-1991. Video ini dikembangkan untuk penampilan Coldplay seolah-olah mereka sedang memainkan musik bersama penyanyi lain di panggung. aktris Amerika Linda Dano, yang memerankan Felicia Gallant pada opera Another World juga ditampilkan dalam video ini. Video ini disutradarai oleh Mary Wigmore.

Daftar lagu

Promotional CD:
1. "The Hardest Part" – 4:25

International CD release:
1. "The Hardest Part" – 4:27
2. "How You See the World" (Live from Earls Court) – 4:16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar