Jumat, 14 Januari 2011

Pump It (Song of The Black Eyed Peas)

"Pump It" adalah lagu dari band dari Amerika, The Black Eyed Peas, yang banyak menggabungkan musik dari The King of the Surf Guitar, Dick Dale, untuk versi lagunya "Misirlou", yaitu lagu yang populer di negara Yunani. Lagu ini dikenal karena perfomennya di film Quentin Tarantino yaitu Pulp Fiction. Lagu Misirlou awalnya dipopulerkan oleh band dari Athena, Yunani, Michalis Patrinos rebetiko di tahun 1927, tetapi Nicholas Roubanis menulis dan merekamnya dalam versi jazz, yang kemudian tulisan kredit ini diberikan pada lagu "Pump It". Pump It dirilis sebagai single keempat dari album The Black Eyed Peas yaitu, Monkey Business (2005). Lagu ini juga ditampilkan pada Best Buy, yaitu perusahaan pengecer elektronik untuk konsumen pada tahun 2005, pada soundtrack film Big Momma's House 2 dan Cars, untuk tema musik produk Pepsi pada tahun 2006, juga untuk musik utama pada pertandingan hoki, Edmonton Oilers pada tahun 2006. Dick Dale dikenal saat mencoba memainkan chorus lagu saat menyanyikan Misirlou secara live. Ada juga lagu versi remix yang dinyanyikan oleh Travis Barker. Lagu ini diremix oleh Black Eyed Peas untuk salah satu lagu di album studio kelima mereka, The E.N.D. dengan judul "Pump It Harder". Lagu ini juga digunakan sebagai soundtrack untuk film Perancis, Taxi 4 (2007). Dan instrumen lagu ini juga digunakan sebagai lagu tema untuk acara reality show di Amerika, Kitchen Nightmares, yaitu sebuah acara yang dipandu oleh Gordon Ramsay.

Musik video

Video musik untuk Pump It ini dinyanyikan The Black Eyed Peas di sebuah arena indoor dengan sekelompok orang lain dan saling bermusuhan. Ditempat itu, dua kelompok ini saling beradu kelihaian termasuk dalam memainkan bola. Saat datang ke arena itu, band datang dengan menari, marah dan mabuk. video ini juga menampilkan band yang datang pada pesta minum di Fight Club Demeanour, ditempat itu band bertemu dengan kelompok itu lagi. Disitu dia saling beradu kelihaian dalam hal menari. Selain itu, video ini juga menampilkan model dua mobil Honda Civic Si (sebuah sedan dan sebuah coupe).

Chart performance

Sebelum single resmi dirilis, lagu memuncak di nomer #82 pada Billboard Hot 100 pada bulan Juni 2005. Hal ini terutama didasarkan pada kekuatan download digital karena menjadi tema lagu di iklan Best Buy. Setelah dirilis secara resmi, lagu ini memuncak di nomer #18 pada bulan Maret 2006. Single ini dirilis ke toko-toko di Amerika Serikat pada tanggal 14 Februari 2006 dan di Inggris pada tanggal 13 Maret 2006. Single ini, dibandingkan dengan single lain dari album Monkey Business, relatif lemah pada US Charts, menjadi peringkat single terendah dari album. Salah satu faktor kemungkinan dari hal dimana lagu ini dirilis setelah single The Pussycat Dolls, Beep yang berkolaborasi dengan will.i.am baru saja dirilis, atau single band yang lain My Humps masih beroperasi pada chart ketika dirilis. Pada bulan April 2009, lagu telah terjual mencapai 1.390.000 unduan digital di Amerika Serikat.

Perfomen lagu ini sangat baik di negara lain. Di Australia, lagu ini memuncak di nomer #6. Lagu ini juga populer di Inggris, menjadi single hit disana. "Pump It" memuncak di nomer #3 pada UK Singles Chart, yang merupakan keberhasilan pada chart setelah single My Humps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar